Oleh: rizarulham | Maret 2, 2010

Si Perkasa Yang Harus Dilindungi

Tahun 2010 dicanangkan oleh PBB sebagai tahun keanekaragamanhayati dunia sebagai bagian dari usaha untuk mengurangi laju pengurangan populasi flora dan fauna yang terancam. Banyak spesies yang terancam punah disebabkan oleh berbagai aktivitas manusia. Salah satu fauna yang keberadaannya dikategorikan sangat kritis adalah harimau.

Harimau kita kenal sebagai hewan yang ganas dan kuat dan  merupakan predator puncak di lingkungannya. Kepunahan harimau dapat mengakibatkan terganggunya keseimbangan ekosistem, karena dapat mengakibatkan populasi hewan yang menjadi makanan harimau meningkat tak terkendali. Terdapat 3 subspesies harimau yang sudah punah, yaitu harimau kaspia, harimau jawa, dan harimau bali. Populasi setiap subspesies harimau yang masih ada pun sudah sangat sedikit dan semuanya masuk Appendix 1 CITES yang berarti sangat terancam. Laju kematian harimau setiap tahunnya sangat tinggi dan hal ini dapat dilihat dari fakta bahwa populasi harimau yang pada tahun 1990-an masih sekitar 100 ribu ekor sekarang tinggal sekitar 4500 ekor. Bahkan jumlah harimau china selatan diperkirakan tinggal 20 ekor.

Penyebab utama penurunan populasi harimau adalah berkurangnya luas daerah habitat dan perburuan. Pembukaan lahan untuk pertanian dan pembangunan infrastruktur menyebabkan harimau kehilangan tempat tinggal alaminya. Perburuan dan perdagangan gelap anggota tubuh harimau juga masih terjadi dan sulit dibasmi. Perlu adanya keseriusan dari pemerintah setiap negara yang masih terdapat populasi harimau untuk melindungi populasi yang tersisa. Kepunahan suatu spesies tidak dapat dibalikkan kembali dan dapat menggangu keseimbangan ekosistem yang ada, dan efek buruknya juga akan dirasakan oleh manusia.

Sumber : Koran Kompas, 13 Februari 2010


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: