Oleh: rizarulham | Oktober 18, 2010

Telematika

Definisi

Dalam situs Wikipedia, telematika berasal dari kata telematics yang terdiri dari 2 kata, yaitu telecommunications dan informatics. Definisi telematika, dalam situs tersebut, adalah integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika. Kata telematics sendiri berasal dari kata dalam Bahasa Perancis telematique. Di Indonesia, telematika lebih dikenal merupakan akronim dari telekomunikasi, multimedia, dan informatika. Pandangan yang umum di masyarakat adalah bahwa telematika merupakan suatu bidang yang berhubungan dengan teknologi nirkabel atau mobile computing. Menurut pendapat saya, berbagai definisi dari telematika tersebut tidak bisa disalahkan karena pengertian dari suatu terminologi sangat tergantung dari lingkup dan sudut pandang orang yang mengkajinya. Berbagai definisi tersebut bukanlah sesuatu yang perlu diperdebatkan, yang terpenting bagi masyarakat kita adalah bagaimana kita bisa menguasai bidang ilmu tersebut dan menerapkannya untuk memajukan bangsa.

Perkembangan telematika

Kita tentu menyadari bahwa semua bidang ilmu yang ada membutuhkan bidang ilmu lainnya untuk berkembang, tak terkecuali dengan telematika. Perkembangan telematika tergantung pada perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi. Sebelum bidang ilmu telematika populer, teknologi komputer dan telekomunikasi berjalan dan berkembang sendiri-sendiri. Komputer telah mengalami perkembangan yang signifikan dari pertama kali dibuat dan akan terus berkembang. ENIAC dianggap sebagai komputer yang pertama, dibuat tahun 1943-1946, memiliki komponen utama berupa tabung hampa dan berat 30 ton. Sejak saat itu hingga hari ini komputer telah melewati 6 generasi dengan ditemukannya komponen yang semakin kecil hingga mencapai ukuran nanometer. Perangkat-perangkat keras yang membentuk sebuah komputer terus mengalami peningkatan kemampuan dan diperkecil ukurannya dengan harga yang semakin murah.

Perkembangan teknologi telekomunikasi juga memiliki sejarah yang panjang sama seperti komputer. Mulai dari telegraph elektronik yang ditemukan pada awal abad 19 kemudian telepon sederhana yang pertama kali dibuat oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876 yang benar-benar hanya berfungsi untuk menelpon sampai telepon genggam saat ini yang multifungsi. Telepon genggam yang ada saat ini memiliki berbagai fungsi selain menelpon, beberapa diantaranya adalah mengirim pesan melalui sms dan email, membuka konten multimedia, menyimpan dan mengirim file, dan masih banyak fungsi lainnya. Berbagai kemampuan itu dimungkinkan dengan ditanamkannya prosesor yang cepat dan memori yang besar pada telepon genggam.

Saat ini teknologi komputer dan telekomunikasi tidak lagi dapat dipisahkan dan perkembangan yang satu didukung oleh perkembangan yang lainnya. Ketika kondisi tersebut tercapai, telematika menjadi bidang yang sangat menonjol saat ini. Banyak kejadian di Indonesia, terutama yang berhubungan dengan hukum dan hankam, bergantung pada orang-orang yang disebut pakar telematika untuk ditemukan penyelesaiannya. Sebenarnya tidak hanya hukum dan hankam, di negara maju, telematika digunakan secara ekstensif untuk mendukung kemajuan banyak bidang lainnya, seperti pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan lain-lain.

Trend telematika ke depan

Dari segi perangkat keras, komputer akan terus mengalami peningkatan kemampuan dalam hal kecepatan prosesor, ukuran memory dan harddisk. Teknologi telekomunikasi juga terus ditingkatkan dengan ditemukannya materi yang lebih baik, dari sebelumnya hanya kawat tembaga sebagai kabel telepon sampai penggunaan serat optik. Hingga saat ini, ilmuwan terus mencari material yang lebih baik dari sebelumnya. Belum lama ini, pada tanggal 5 oktober, pemenang nobel bidang fisika tahun ini diumumkan oleh The Royal Academy of Sciences di Stockholm, Swedia. Nobel tersebut ditujukan kepada 2 orang peneliti University of Manchester, Inggris, yaitu Andre Geim dan Konstantin Novoselov. Mereka diputuskan sebagai pemenang karena telah menemukan material baru yang disebut grafena. Grafena merupakan lembaran karbon murni dua dimensi setebal satu atom berbentuk heksagonal. Penemuan grafena menjadi salah satu titik penting dalam perkembangan teknologi nanoelektronik dan menjanjikan komputasi ultracepat.

Menurut pendapat saya, material baru yang lebih baik akan terus ditemukan, lebih cepat dan lebih kuat. Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan akan terus berlanjut karena manusia tidak akan pernah berhenti untuk mencari sesuatu yang baru. Penemuan material dalam teknologi nanoelektronik berpengaruh langsung kepada perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi, berarti juga kepada bidang telematika.


Responses

  1. nice info ..salam kenal….
    check it out.. klik ini


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: