Oleh: rizarulham | Desember 14, 2010

Android dan Windows Mobile

Android

Sistem Operasi untuk smartphone dan peralatan bergerak ini pada awalnya dikembangkan oleh Android Inc. sebelum perusahaan tersebut diakuisisi oleh Googe Inc. Google bersama anggota lainnya dari Open Handset Alliance mengembangkan Android dan mengumumkan pendistribusiannya bersamaan dengan pendirian Open Handset Alliance pada 5 November 2007. Android tersedia sebagai perangkat lunak bebas dan didistribusikan dibawah lisensi Apache pada 21 Oktober 2008.

Android dibuat berdasarkan modifikasi dari kernel Linux. Software Stack dari sistem operasi ini terdiri dari aplikasi-aplikasi java yang berjalan di atas kerangka kerja aplikasi berorientasi objek berbasis java. Semua aplikasi tersebut berjalan di atas pustaka-pustaka inti java menggunakan dalvik virtual machine, bukan java virtual machine. Dalvik adalah mesin virtual yang didisain secara spesifik untuk Android dan dioptimalisasi untuk peralatan bergerak dengan CPU dan memori terbatas.

Penjualan smartphone dengan platform Android meningkat dengan signifikan dari pertama kali dikeluarkan. Pada kuarter kedua tahun 2009, kurang setahun dari dikeluarkan pertama kali, smartphone berplatform Android telah meraih 2,8% dari pasar smartphone di seluruh dunia. Hingga kuarter ketiga tahun 2010, penjualan smartphone Android meraih 25,5% atau seperempat dari pasar smartphone di seluruh dunia. Ini berarti terdapat peningkatan penjualan hampir 10 kali lipat hanya dalam 1 tahun.

Walaupun meraih kesuksesan besar, Google mengalami gugatan hukum karena pengembangan Android. Oracle, sebagai pemilik java sejak mengakuisisi Sun Microsystems, menuntut Google karena dianggap melanggar hak cipta dan paten terhadap java. Walaupun ada pendapat analis yang mengatakan bahwa dalvik hanyalah merupakan versi clean room reverse-engineered dari java, Oracle tetap menganggap bahwa dalvik merupakan pelanggaran terhadap paten java.

Windows Mobile

Sistem operasi ini dikembangkan oleh Microsoft untuk digunakan dalam smartphone dan peralatan bergerak. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2000, sistem operasi ini bernama Pocket PC 2000 dan sampai saat ini telah mengalami beberapa kali peningkatan dan berganti nama menjadi Windows Mobile. Versi stabil yang terakhir dirilis oleh Microsoft adalah Windows Mobile 6.5.3. Windows Mobile dikembangkan berdasarkan kernel Windows CE, yang merupakan sistem operasi untuk komputer minimalistik dan embedded System, dan mempunyai desain yang mirip dengan versi desktop dari Windows.

Tidak hanya desain antarmuka pengguna yang mirip dengan versi desktop, tetapi Windows Mobile juga memiliki aplikasi-aplikasi standar yang biasa ada di Windows versi desktop. Beberapa diantaranya yang standar adalah Office Mobile, Outlook Mobile, Internet Explorer Mobile, dan Windows Media Player for Windows Mobile. Aplikasi lainnya yang spesifik untuk kebutuhan pengguna dapat dibeli di Windows Marketplace for Mobile dan pengguna bisa juga membeli aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga untuk Windows Mobile.

Penjualan smartphone dengan platform Windows Mobile di seluruh dunia terus menurun dari tahun ke tahun. Pada tahun 2004, Windows Mobile sempat meraih 23% dari penjualan smartphone di seluruh dunia dan diproyeksikan untuk mengambil-alih posisi Symbian sebagai sistem operasi peralatan bergerak nomor 1. Tetapi sejak saat itu, penjualannya terus mengalami penurunan. Pada tahun 2008, penjualannya turun hingga tinggal 14% dan setahun kemudian Windows Mobile hanya memiliki bagian 5% dari pasar smartphone di seluruh dunia. Saat ini, Microsoft  melepas secara bertahap Windows Mobile ke pasar yang spesifik dan mulai berfokus pada platform yang baru, yaitu Windows Phone 7.

Perbandingan antara Android dengan Windows Mobile

Salah satu kelebihan Android yang paling menguntungkan untuk pengembang aplikasi adalah lisensinya yang dibawah Apache dan GNU General Public License. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, ini menjadikan Android sebagai perangkat lunak bebas, sehingga pengembang aplikasi tidak perlu membayar untuk membuat aplikasi untuk Android. Hal ini juga berdampak pada jumlah aplikasi yang tersedia untuk Android yang terus meningkat. Saat ini, ada lebih dari 100.000 aplikasi yang tersedia untuk Android. Aplikasi-aplikasi untuk Android bisa didapat pengguna di Android Market.

Sementara itu, kelebihan Windows Mobile terletak pada lengkapnya aplikasi yang bisa digunakan untuk keperluan bisnis. Hal ini tercermin dari posisinya sebagai sistem operasi untuk smartphone terpopuler ketiga, setelah BlackBerry OS dan iPhone, untuk penggunaan di perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat. Sayangnya, telepon yang berjalan dengan platform Windows Mobile tidak bisa di-upgrade ke Windows Phone 7.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: