Oleh: rizarulham | Maret 7, 2011

AITP(DPMA) Code of Ethics and Standards of Conduct

Code of Ethics

Saya mengakui :

–  Bahwa saya memiliki kewajiban kepada manajemen, oleh karena itu, saya akan meningkatkan pemahaman akan metode dan prosedur pemrosesan informasi kepada manajemen dengan menggunakan semua sumber daya yang saya punya.

–  Bahwa saya memiliki kewajiban kepada anggota lainnya, oleh karena itu, saya akan menegakkan cita-cita yang tinggi dari AITP seperti diuraikan dalam peraturan-peraturannya. Lebih lanjut, saya akan bekerja sama dengan anggota lainnya dan akan memperlakukan mereka dengan jujur dan hormat setiap saat.

–  Bahwa saya memiliki kewajiban kepada masyarakat dan akan berpartisipasi dengan kemampuan terbaik saya dalam penyebaran pengetahuan menyangkut perkembangan dan pemahaman umum akan pemrosesan informasi. Lebih jauh, saya tidak akan menggunakan pengetahuan akan sesuatu yang rahasia untuk kepentingan saya pribadi, tidak pula saya akan melanggar privasi dan kerahasiaan atas informasi yang dipercayakan kepada saya atau yang saya memiliki akses terhadapnya.

–  Bahwa saya memiliki kewajiban kepada atasan saya yang mempercayai saya, oleh karena itu, saya akan berusaha untuk melaksanakan kewajiban ini dengan kemampuan terbaik saya, untuk melindungi kepentingan atasan saya, dan untuk memberi saran kepadanya dengan bijak dan jujur.

–  Bahwa saya memiliki kewajiban kepada universitas saya, oleh karena itu, saya akan menegakkan prinsip-prinsip etika dan moralnya.

–  Bahwa saya memiliki kewajiban kepada negara saya, oleh karena itu, dalam hubungan pribadi, bisnis, dan sosial, saya akan menjunjung tinggi negara saya dan akan menghormati cara hidup anggota masyarakat lainnya.

–  Saya menerima kewajiban-kewajiban ini sebagai tanggung jawab pribadi dan sebagai anggota asosiasi ini, saya akan melaksanakan secara aktif kewajiban-kewajiban ini dan saya akan mendedikasikan diri saya untuk hal tersebut.

Standards of Conduct

Norma-norma di bawah ini memperluas kode etik dengan menyediakan pernyataan-pernyataan spesifik untuk mendukung setiap elemen dari kode etik.

Atas pengakuan akan kewajiban saya kepada manajemen, saya akan :

–  Menjaga pengetahuan saya tetap up-to-date dan memastikan bahwa keahlian yang sesuai ada ketika dibutuhkan.

– Membagi pengetahuan saya dengan orang lain dan memberikan informasi yang faktual dan objektif kepada manajemen dengan kemampuan terbaik saya.

–  Bertanggung jawab penuh atas hasil pekerjaan yang saya lakukan.

–  Tidak menyalahgunakan kewenangan yang dipercayakan kepada saya.

– Tidak memberikan informasi yang salah atau menahan informasi yang berkaitan dengan kemampuan peralatan, perangkat lunak, atau sistem.

–  Tidak mengambil keuntungan dari kurangnya pengetahuan atau pengalaman orang lain.

Atas pengakuan akan kewajiban saya kepada anggota lainnya dan profesi, saya akan :

–  Jujur dalam semua hubungan-hubungan profesional saya.

–  Melakukan tindakan yang tepat dalam hal praktek-praktek ilegal atau tidak etis yang menarik perhatian saya. Tetapi, saya akan menuntut siapa pun hanya ketika saya memiliki dasar yang masuk akal dan tanpa adanya kepentingan pribadi.

–  Berusaha keras untuk membagi pengetahuan saya.

–  Bekerja sama dengan orang lain dalam mencapai pemahaman dan dalam mengidentifikasi masalah.

–  Tidak menggunakan atau mengakui hasil kerja orang lain tanpa otorisasi yang sesuai.

–  Tidak mengambil keuntungan dari kurangnya pengetahuan atau pengalaman orang lain untuk kepentingan pribadi.

Atas pengakuan akan kewajiban saya kepada masyarakat, saya akan :

–  Melindungi privasi dan kerahasiaan informasi yang dipercayakan kepada saya.

–  Menggunakan kemampuan dan pengetahuan saya untuk menginformasikan publik dalam seluruh area keahlian saya.

–  Dengan kemampuan terbaik saya, memastikan bahwa produk-produk kerja saya digunakan dengan benar dan tidak melanggar norma sosial.

–  Mendukung, menghormati, dan menaati hukum lokal, negara bagian, provinsi, dan federal.

–  Tidak pernah memberikan informasi yang salah atau menahan informasi yang berhubungan erat dengan suatu masalah atau situasi yang menjadi perhatian publik, tidak juga hanya akan membiarkan informasi tersebut tidak diperiksa lebih lanjut.

–  Tidak menggunakan pengetahuan akan sesuatu yang rahasia atau bersifat pribadi dengan cara-cara yang tidak bisa dibenarkan atau untuk meraih keuntungan pribadi.

Atas pengakuan akan kewajiban saya kepada atasan saya, saya akan :

–  Berusaha keras untuk memastikan bahwa saya memiliki pengetahuan terkini dan bahwa kemampuan yang sesuai ada saat diperlukan.

–  Menghindari konflik kepentingan dan memastikan bahwa atasan saya sadar akan potensi konflik apa pun.

–  Memberikan pandangan yang adil, jujur, dan objektif.

–  Melindungi kepentingan yang baik dari atasan saya setiap saat.

–  Melindungi privasi dan kerahasiaan dari semua informasi yang dipercayakan kepada saya.

–  Tidak memberikan informasi yang salah atau menahan informasi yang berhubungan erat dengan suatu situasi.

–  Tidak berusaha untuk menggunakan sumber daya atasan saya untuk keuntungan pribadi atau tujuan apa pun tanpa persetujuan yang sesuai.

–  Tidak mengeksploitasi kelemahan suatu sistem komputer untuk keuntungan atau kepuasan pribadi.

 

Sumber : http://www.aitp.org/join/SCOH17CodeEthicsStdsCdt.pdf


Tinggalkan Balasan

Kategori

